Berharap Meningkat, Prodi Elektro Gelar Pelatihan Menulis Opini

Pamulang – Teknik Elektro Universitas Pamulang (Unpam) menggelar pelatihan penulisan opini dan sitasi publikasi media massa Sabtu (26/2/2021).

Mengingat dimasa pandemi Covid-19, kegiatan tersebut digelar melalui Zoom Meeting dengan narasumber kompeten yaitu Denok Sunarsi yang merupakan Dosen Prodi Manajemen UNPAM dan pernah mendapat juara 1 SINTA Award se-UNPAM.

Dalam kesempatan itu, Donek Sunarsi menejelaskan, dalam kegiatan ini dirinya mengajarkan tentang bagaimana metode atau teknik dalam penulisan opini dan berita, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan hasil pikirannya untuk dijadikan menjadi sebuah karya.

“Metodenya kita memberikan dasar-dasar dalam menulis seperti halnya, langkah pertama mereka menentukan tema, kemudian judul, lalu indikator atau memberikan manfaat untuk orang lain. Kemudian mahasiswa kita berikan tugas ketika pelatihan dan meyakinkan mereka bahwa menulis itu mudah,” jelasnya.

Sementara Ketua Prodi Teknik Elektro Ariyawan Sunardi, S.Si, M.T mengatakan tujuan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penulisan opini di media massa sebagai hasil karya mahasiswa. Selain itu karya tulis mahasiswa ini akan mendukung meningkatkan akreditas Teknik Elektro Unpam menjadi lebih baik.

“Kedepannya, hasil karya opini mahasiswa ini bisa mendukung akreditasi Prodi Teknik Elektro, karena prestasi mahasiswa menjadi komponen penting dalam penilaian,” ujar orang nomor satu di Prodi Elektro Unpam itu saat diminta keterangan.

Dengan adanya pelatihan ini Aryawan berharap, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis opini di media massa secara daring maupun cetak.

“Nantinya opini mahasiwa yang terkumpul akan menjadi bunga rampai untuk dicetak oleh prodi Teknik Elektro dan memperoleh International Standard Book Number (ISBN),” terangnya.

Perlu diketahui, dalam pelatihan ini mahasiswa akan mendapat sertifikat jika sudah menyerahkan hasil karya opininya.(Aryw/Ban/Adrm).

  • Pelatihan Menulis Opini