Dalam PKM,TE Unpam Membuat Lampu Penerangan Jalan Via Bluetooth

Pondok Pesantren Nafidatunnajah merupakan sebuah yayasan pendidikan Islam yang terletak di gang Kamboja RT 02/06 no 89 desa Rawakalong Kecamatan Gunung sindur Kabupaten Bogor. Pesantren tersebut membina kurang lebih 50 santri dan santriwati yang berasal dari kalangan kurang mampu dari berbagai kota di Indonesia. Sejak berdirinya Pondok Pesantren Nafidatunnajah pada 2016 hanya terdapat 4 titik penerangan jalan umum sepanjang 150 meter menuju gerbang utama pondok pesantren, hal ini tentu menjadi masalah berkaitan dengan katifitas santri sehari-harinya, terlebih bagi keamanan dan keselamatan santri dan warga sekitar Pondok Pesantren Nafidatunnajah.

Ahad, 20 Oktober 2019 dosen dan mahasiswa Unpam melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pondok Pesantren Nafidatunnajah yang terletak di gang Kamboja RT 02/06 no 89 desa Rawakalong Kecamatan Gunung sindur Kabupaten Bogor. Diketahui bahwa penerangan jalan di daerah tersebut kurang memadai, ketika malam tiba gelap menyelimuti sepanjang jalan menuju pesantern tersebut.

Pada PKM di pondok pesantren ini kelompok  di bagi menjadi dua, dan kedua kelompok tersebut mempunyai tugas masing-masing. Kelompok pertama mengerjakan instalasi pemasangan lampu dan tiang sedangkan kelompok kedua membuat system control dengan koneksi Bluetooth menggunakan handphone android. “Penerangan jalan yang dibangun ini ada sedikit berbeda pada penerangan jalan pada umumnya.” Ujar Edy Sumarno,S.T.,M.T, ketua tim system control, beliau melanjutkan, “ Yaitu adanya system control yang terpusat dan menyalahkannya bisa menggunakan handphone android dengan bantuan koneksi Bluetooth.” Ujar Edy yang merupakan dosen pula di Teknik Elektro Unpam,

Dalam sambutatnnya, Munawir Hidayat S.Q selaku pimpinan ponpes mengatakan, “Kami ucapkan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa teknik elekro Unpam.” Ujar  Munawir , beliau melanjutkan“ Biasanya ketika malam tiba, jalan ponpres menuju jalan utama gelap. Tetapi setelah ada pemasangan lampu jalan, alhamdulillah menjadi terang. Santri dan warga pun tidak takut lagi.” Ujar pimpinan ponpres tersbut.

Pekerjaan ini memakan waktu sekitar 2 minggu karena dari tim baik dari mahasiswa dan dosen mereka harus bekerja pula. “Kita bersyukur bisa melaksanakan PKM ini, semogga dengan dipasang lampu penerangan jalan ini dapat membantu aktifitas warga dan santri dimalam hari,” ujar Dr. Yoyok selaku ketua tim penerangan jalan sekaligus dosen di TE Unpam.

  • PKM di Pondok Pesantren Nafidatunnajah