Demi Tingkatkan Kualitas, FT Unpam Gandeng Poltek Unand, FT Unand, dan FTI Bung Hata

Demi tingkatkan kualitas, Fakultas Teknik Unpam berusaha menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain. Kali ini FT Unpam menjalin kerjasama dengan Universitas lain di luar pulau Jawa yaitu pulau Sumatra.  Dipulau  Sumatra ini rombongan FT Unpam singgah di kota Padang, Sumatra Barat. Dalam lawatannya tersebut, FT Unpam memilih FT Unand, Poltek Unand dan FT Universitas Bung Hatta untuk menjalin kerjasama. Rombongan FT Unpam terdiri dari Saiful Bakhri, S.T.,M.Eng.Ph.D (Dekan FT), Jamal A Rachman Saprin, S.T., M.Si (Kapodi Teknik elektro), Seflahir Dinata,S.T.,M.Pd.T (Sekprodi TE), Dwi Anie Gusnastuti, S.T., Mi. C.T (Dosen TE) dan Abdurahman,S.T., M.T (Dosen TE).

Rabu, 18 September 2019 Rombongan FT Unpam pertama kali singgah di Politeknik Negeri Padang. Rombongan diterima dengan baik oleh Direktur PNP Surfa Yondri, S.T.,SST.,M.Kom , Wadir I PNP Revalin Herdianto, S.T.,M.Sc.,Ph.D dan beberapa dosen dari Politeknik Negeri Padang. “Kami sangat membuka diri untuk berbagi pengalaman dan menjalin kerjasama yang baik.” Ujar Surfa Yondri, beliau melanjutkan “ Apalagi dilihat dari 9 atandar yang diberlakukan, harus ada kegiatan  dalam MoU tersebut dan bukan hanya sekedar banyak nyak MoU saja.”

“Kami sangat berharap pengalaman yang telah didapat oleh Politeknik Negeri Padang dapat menjadi pelajaran untuk kami kedepannya dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu FT Unpam” ujar Saiful Bakhri, S.T.,M.Eng.Ph.D. selaku dekan FT Unpam.

Setelah penandatanganan MoU, acara selanjutnya yaitu studi banding dengan mengunjungi laboratorium yang ada di Politeknik Negeri Padang.

Setelah acara selesai di Politeknik Negeri Padang, rombongan FT Unpam bergegas menuju Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta (FTI UBH). Di Fakultas tersebut rombongan langsung diterima oleh Dekan FTI UBH, Hidayat, beserta Wakil Dekan, ketua jurusan dan Kepala Laboratorium. Di fakultas ini FT Unpam menjalin kerjasama (MoU) dengan FTI UBH.

Di sela-sela pertemuan tersebut Dekan FTI UBH mengatakan, “Dalam era milenial ini, kata ‘Sinergi’ merupakan hal penting untuk memajukan perguruan tinggi dan kualitas lulusan.” Ungkap Hidayat, beliau melanjutkan “Langkah ini tentu saja tidak hanya sebatas MoU, namun harus diikuti dengan kegiatan-kegiatan yang menguntungkan kedua belah pihak,”

Pada keesokan harinya kamis (19/9/2019), rangkaian acara kunjungan dilanjutkan ke Fakultas Teknik Universitas Andalas. Di fakultas ini rombongan diterima langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Unand, Ir Insannul Kamil Ph.D IPM ASEAN Eng. , Ketua beserta sekretaris jurusan , Kepala Laboratorium dan beberapa staff. Dalam sambutannya beliau mengatakan,” Kami berharap kerjasama ini tidak hanya sebatas MoU, akan tetapi harus segera direalisasikan. “ujar dekan yang fakultasnya sudah mengantongi akreditasi A tersebut.

FT Unpam memilih FT Unand dalam kunjungannya tidak lepas dari peran universitas negeri tersebut dan akreditasi fakultas tersebut yang sudah mengantongi akreditasi A. Dalam keterangannya, FT Unand sedang mempersiapkan diri untuk memperoleh akreditasi tingkat internasional.

Sementara itu dalam sambutannya, Dekan FT Unpam, Saiful Bakhri, S.T.,M.Eng.Ph.D mengatakan “Selaku PTS kita tentu butuh menjalin kerjasama dengan institusi lain, terutama menambah fasilitas penunjang yang belum kita miliki guna menghasilkan lulusan yang berkompeten dibidangnya.” Ujar dekan yang menyelesaikan S3 nya di negara kanguru tersebut.

(Red.Rahman)

  • Foto : Suasana Poltek Unand