LOMBA CIPTA KARYA DAN INOVASI PARADE CINTA TANAH AIR TAHUN 2019



(Kamis, 25/07/2019) Empat Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Pamulang yang bernama Azmi Mushova, M. Ady Perdana, Reki, dan Maltono bersama dua rekan lainnya Dimas dan Arif (Mahasiswa Teknik Mesin perwakilan dari Institut Teknologi Indonesia). juga di dampingi oleh dosen Teknik Elektro Universitas Pamulang Kiswanta, S.Si., M.Si dalam mengikuti lomba Cipta Karya dan Inovasi Parade Cinta Tanah Air dengan tema “ Mewujudkan Generasi Muda Yang Cinta Tanah Air Sebagai Penggerak Industri Kreatif” yang di selenggarakan oleh Kementrian Pertahanan Republik Indonesia. Bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan menumbuhkan daya saing dalam pemanfaatan IPTEK sehingga mampu berdaya saing dengan sesama produk lokal atau macanegara.

Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat Propinsi Banten adalah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Kementrian Pertahanan RI. Seleksi dimulai dari tingkat Provinsi dilanjutkan ke tingkat Nasional. Dalam lomba ini selain mengadakan pemilihan hasil inovasi, kreasi dan ciptaan suatu produk yang bisa dilaksanakan oleh UKM, yang murah, mudah pembuatan dan ekonomis bagi masyarakat. Di samping itu diadakan juga pelatihan softskill, Sosialisasi anti narkoba, traveling, wisata khas daerah, potensi SDM dan kepemimpinan. “Oleh kaena itu, event ini cocok buat siswa/mahasiswa untuk pembekalan masa depan. Jadi sangat cocok buat diikuti oleh HIMA.” Ujar (Kiswanta, S.Si., M.Si dosen pembimbing)

Lomba yang dilaksanakan di hotel Marbella Anyer ini juga sebagai rasa perwujudan siswa/Mahasiswa dalam dalam hal bela Negara.

“Di samping anda sebagai alumni PCTA, anda juga sebagai kader bela Negara artinya anda bisa memberikan wawasan kepada yang lain. Tinggal nanti apa yang harus dilakukan selanjutnya, ada pembinaan dsb untuk kegiatan kedepan nya” Ujar (Malwi) Kolonel Infanteri dalam sambutan nya.

Lomba ini memiliki beberapa kategori diantara nya: Pangan, Budaya, Energi dan Teknologi. Dari mahasiswa Universitas Pamulang mengirim dua tim untuk kategori bidang Teknologi dengan pemanfaatan Teknologi Tepat Guna yaitu Elektrokardiogram detektor jantung (Tim 1 Reki dan Maltono), Alat deteksi peringatan kondisi mengantuk pada pengendara sepeda motor yang bisa disebut juga dengan helm anti kantuk (Tim 2 Azmi dan Ady).

Writer (A.Perdana)