Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Unpam Jajaki Kerjasama dengan UGM

Adanya pandemi Covid-19 yang masih berkepanjangan telah memaksa kegiatan perkuliahan dilaksanakan secara daring. Beberapa metode pengajaran dillakukan, mulai dari penyampaian materi secara online berupa presentasi modul kuliah, video conferensi, sampai diskusi daring dan praktikum daring.

Dengan digulirkannya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Kemendikbudristek beberapa waktu yang lalu, perlu tindak lanjut yang nyata oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Program Studi Teknik Elektro bersama dekan FT Universitas Pamulang, telah menginisiasi MBKM tersebut. Hal ini dapat dilihat dari kunjungannya ke Fakultas Teknik-UGM, Yogyakarta pada 26 April 2021. Rancangan Kerjasama yang dibahas meliputi penelitian, publikasi ilmiah, magang, pertukaran mahasiswa, penyelenggaraan seminar, program rekognisi dan pembelajaran daring.

“Mahasiswa Unpam yang jumlahnya sudah paling besar seperguruan tinggi nasional, sudah waktunya membuka wawasan dengan kolaborasi dengan kampus lain yang sudah maju. Sehingga visi Unpam menjadi peringkat 40 nasional di tahun 2024 akan cepat terwujud.” ujar Syaiful Bakhri, Dekan FT Unpam yang didampingi oleh dosen dari teknik Elektro, Kiswanta dan Muhammad Subekti

Sedangkan Dekan FT UGM, Wasesa menyambut baik rencana kerjasama tersebut. Wakil Dekan Profesor Selo menyarankan agar program MBKM lebih efektif jika menerapkan sistem daring sehingga efektif, hemat dan mudah aksesnya.

Dalam diskusi tersebut, FT UGM berbagi pengalaman bagaimana menuju proses akreditasi internasional. Diketahui saat ini, FT UGM dan semua prodinya sudah terakreditasi  A juga terakreditasi internasional IEBEE.

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan kerjasama antara keduanya  segera terealisasi sehingga mampu meningkatkan mutu dan kualitas lulusan program MBKM dari Universitas Pamulang.

(Doc : TE-Unpam/Kis/Arm)

  • Koordinasi Kerjasama FT-Unpam dan FT UGM