PARA INOVATOR TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS PAMULANG MENGIKUTI LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA DI INSTITUT TEKNOLOGI INDOSESIA



Senin , 29 April 2019 para inovator dari Teknik Elektro, Universitas Pamulang sedang berjuang dalam ajang kompetisi teknologi tahunan yaitu Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) ke – 7 di Kampus  Institut Teknologi Indonesia (ITI) Serpong, Jalan Raya Puspiptek, Kecamatan Setu. Kegiatan berlangsung dari 29 hingga 30 April 2019.

Ada 6 inovator dari Teknik Elektro Universitas Pamulang yang mengikuti TTG tersebut, yaitu :

  1. Ahmad Khasan Munadi dengan judul Peningkatan Efisiensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan Pelacak Sinar Matahari.
  2. Muhammad Riza Bahrullah dengan judul Deteksi Jantung EKG Portable.
  3. Eko Supratman dengan judul Alat Deteksi dan Peringatan Kondisi Mengantuk pada Pengendara Sepeda Motor
  4. Tarjana dengan judul Pembangkit Listrik Skala Pyco Hydro sebagai alternatif Sumber Energi Terbarukan
  5. Ahlul Mawahib, dengan judul Analisis Sistem Control Smart Car Automation dengan metode Inovatif pengenal Ucapan
  6. Zaki Lindu Utama, dengan judul Pendeteksi LPG dengan sensor system Array


“Kami berharap para inovator tersebut bisa menyalurkan kreatifitasnya dengan jalur yang benar, dan TTG inilah merupakan salah satu jalur tersebut”. Ujar Syaiful Bakhri, S.T, M.Eng, Ph.D selaku Kaprodi Teknik Elektro Unpam.

Sementara Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan beragam inovasi yang diciptakan dan turut serta dalam TTG kali ini bisa diarahkan kepada masyarakat golongan menengah ke bawah. Sehingga relatif harganya tidak terlalu mahal.

“Ini membuktikan bahwa para inovator, baik siswa ataupun masyarakat sangat produktif. Saya melihat banyak yang dapat dikolaborasikan dengan Pemerintah Daerah, seperti i-KTP system yang luar biasa dan sejalan dengan Mendagri. Saya tertarik dan apa yang bisa kita adopsi, ya kita adopsi, kita programkan biayanya,” ujar wali kota Tangsel tersebut.

Selanjutnya, pemenang dari lomba yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel ini akan mendapat uang pembinaan, piagam dan trophy. Selain itu, pemenang berhak turut serta dalam lomba di tingkat Provinsi

Sedangkan menurut Kiswanta, S.Si., M.Si ,selaku koordinator prestasi mahasiswa dan dosen yang membina peserta TTG ini, berharap agar pihak Universitas lebih mendukung lagi, keikutsertaan para innovator ini dan menjadi lebih baik dari waktu kewaktu.(Red.-Rahman-)