Pasang CCTV, PkM Mahasiswa Teknik Elektro Bojong Gede – Bogor

Sabtu, 15 Januari 2022 sejumlah mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Pamulang telah berhasil melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada  Masyarakat  (PKM). Kegiatan PKM adalah salah satu program yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa, dirancang dan dikembangkan oleh Universitas sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini antara lain adalah pemasangan kamera Closed Circuit Television (CCTV) sebagai upaya pencegahan tindak pidana pencurian di Masjid Jami Nurul Amal, KP. Cimanggis Lamping, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor.

 

Adapun pemasangan CCTV  ini didasarkan karena sering  terjadinya kehilangan sejumlah properti di dalam Masjid Jami Nurul Amal. Hal ini tentu membuat jamaah dan pengunjung masjid tidak nyaman.

Untuk itu sebaiknya di masjid perlu dilakukan pengawasan dan pemantauan kegiatan selama24 jam, yaitu dengan kamera pengawas atau dikenal dengan nama CCTV. Dengan adanya CCTV diharapkan  masyarakat  atau jamaah sekitar bisa  lebih  tenang  dan nyaman dalam beribadah.

 

Terdapat empat titik pemasangan kamera CCTV. Satu untuk mengawasi pintu gudang samping mimbar, satu untuk menyorot tempat wudhu sekaligus pintu utama masjid, satu untuk mengawasi tempat parkir, dan satu lagi di pasang di dalam masjid untuk mengawasi jamaah.

 

Kegiatan ini mendapat respon positif dari Ketua DKM Masjid Jami Nurul Amal, Ustadz Nurhendi.

 

“Alhamdulillah, saya mewakili seluruh warga mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa dan dosen Universitas Pamulang yg telah mengadakan kegiatan PKM pemasangan kamera CCTV di Masjid Jami Nurul Amal, semoga menjadi amal ibadah bagi saudara sekalian kelak,” ujarnya.

 

Mardiansah, selaku ketua PKM juga mengucapkan terima kasih banyak atas antusias warga turut serta membantu kegiatan PKM ini.

 

“Saya selaku Ketua dari kegiatan PKM ini juga berterimakasih atas antusias warga sekitar yang turut serta membantu kegiatan pemasangan kamera CCTV ini sehingga dapat berjalan dengan cepat dan baik sesuai dengan apa yang diinginkan.”

 

“Kami harap kedepannya tidak terjadi lagi pencurian atau kehilangan barang-barang milik masjid maupun milik jamaah,” ujarnya.

(Red.Abd)

  • Suasana PkM