PELATIHAN ARDUINO UNTUK SISWA/I MTS AL-MURSYIDIYYAH

Arduino merupakan single-board untuk memprogam mikrokontroler biasanya menggunakan keluaga Atmel-AVR, dan hardware maupun softwarenya bersifat open source. System yang open source ini, membuat arduino dapat diakses dan dimodifikasi oleh siapapun  sehingga pemanfaatannya menjadi lebih luas terutama untuk mengendalikan berbagai rangkaian elektronik. Pemrograman arduino juga mudah dipelajari, mulai dari kalangan pemula seperti anak-anak usia sekolah dasar dan menengah, hingga kalangan dewasa profesional atau hobist.

Untuk menumbuhkan ide-ide kreatif  dikalangang pelajar di era industry 4.0, dosen TE Unpam beserta mahasiswa mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Pelatihan Arduino Untuk Siswa Siswi Mts Swasta Al-Mursyidiyyah  Benda Baru Pamulang. “Pelatihan arduino untuk siswa siswi MTs Swasta Al-Mursyidiyyah  ini  selain untuk  menumbuhkan ide-ide dan bakat-bakat kreatif dikalangan siswa-siswi MTS dalam hal perancangan teknologi di bidang elektronika, juga bertujuan untuk menumbuhkan daya imaginasi siswa dalam memahami pelajaran yang berkaitan ilmu sain dan IPA”, ujar Ibu Kartika Sekarsari, ST.,MT selaku Ketua tim PKM yang  juga merupakan dosen di Teknik Elektro UNPAM.

Perlu diketahui,  bahwa sekolah MTs Al Mursyidiyyah merupakan sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Al-Mursyidiyyah dan beralamat di Jalan Siliwangi GG. Anggrek RT.03/RW.18 NO. 47, Pondok Benda, Kec. Pamulang Kota Tangerang. Yayasan ini telah berkiprah dibidang pendidikan (mulai jenjang RA/TK-Islam, MI/SD-Islam sampai MTs/SMP ) dan sosial kurang lebih 25 tahun sejak didirikannya pada tahun 1990 .

Walaupun sekolah  mengikuti kurikulum Depag, namun sesuai dengan visi dan misi sekolah ini, yaitu: menumbuh kembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan kokulikuler, ekstrakurikuler yang variatif, dan berbasis kemasyarakatan, maka adanya pelatihan arduino ini akan menambah wawasan informasi  dan teknologi  kepada siswa siswi MTs Al Mursyidiyyah yang notabene belum pernah dikenalkan dengan materi pelatihan atau workhshop semacam ini.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 November 2019 ini  mendapat sambutan  hangat  dari siswa siswi sekolah MTs Al Mursyidiyyah. Mereka sangat antuisias mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan Arduino yang dikemas secara menarik dan tidak membosankan tersebut, diantaranya:   pengenalan komponen elektronika dan Arduino, pengenalan pemrograman Arduino IDE dan cara mengupload program, serta pelatihan cara merangkai arduino secara mandiri.

“Kegiatannya sangat menarik dan menyenangkan, semoga dengan ini siswa siswi mempunyai semangat untuk mempelajari teknologi”,  demikian menurut Pak Yatman selaku guru dan wakil dari Kepala sekolah MTS Al -Mursyidiyyah disela-sela kegiatan pelatihan .

 

“Pelatihan arduino ini sangat bermanfaat bagi siswa siswi  MTs Al-Mursyidiyyah, dan semoga kedepannya dapat dilakukan secara kontinu oleh dosen dan mahasiswa dari Prodi Teknik Elektro UNPAM “, ujar Bapak Hendi Suhendi, S.Sos.I selaku Kepala Sekolah MTs Al- Mursyidiyyah.

(Red: Rahman & Kartika)

  • PKM di MTs Al-Mursyidiyyah