Pelatihan Berbangsa dan Bernegara

(21/09/2019) Universitas Pamulang Bidang Pengembangan GE bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi menggelar kegiatan Nasionalis yaitu Pelatihan Berbangsa dan Bernegara. Sesuai dengan nama kegiatan, didalam rangkaian kegiatan tersebut mencangkup cara menumbuh kembangkan rasa Nasionalis, seminar tentang kiat anak bangsa membangun negeri untuk menghadapi Era Revolusi 4.0, serta pelatihan kedisiplinan yang dilatih langsung oleh anggota TNI Republik Indonesia. Kegiatan yang di mulai pada tanggal 21 s/d 22 September 2019 ini bertempat di Bumi Perkemahan Ragunan dengan menyongsong Tema : Orientasi Sadar Berbangsa dan Bernegara.

Sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi KEMENDIKBUD Republik Indonesia NOMOR/25/DIKTI/2014 Tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru, mewajibkan setiap Universitas menyelenggarakan kegiatan berbangsa dan bernegara untuk membangun karakter mahasiswa yang nasionalis dan humanis. Dalam kegiatan pelatihan berbangsa dan bernegara ini HIMA Teknik Elektro UNPAM ikut andil dan mengirimkan perwakilan Jurusan Teknik Elektro sebagai peserta acara pelatihan yang di wakili oleh Dena Seffina(anggota HIMA Teknik Elektro), Fransiskus(anggota HIMA Teknik Elektro), dan Ghani Ikhsan(anggota HIMA Teknik Elektro).

Acara yang dimulai pukul 07.00 pagi diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Pamulang, dilanjutkan oleh sambutan dan persiapan menuju lokasi pelatihan.

“Bela Negara…, Sebagai Mahasiswa memiliki peranan penting dalam tatanan berbangsa dan bernegara dimana hal konkret yang dapat dilakukan mahasiswa yaitu menumbuhkan karakter akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup dan ikut andil dalam pengembangan Sumber Daya manusia”, ujar rector Unpam, Dr. H. Dayat Hidayat. M.M dalam sambutan pembukaan.

Dan dilanjutkan sambutan dari ketua pelaksana Pelatihan Berbangsa dan Bernegara “ Sadar Berbangsa dan Bernegara…, Terimakasih kepada perwakilan Program studi universitas pamulang yang telah ikut berpartisipasi dalam Pelatihan Berbangsa dan Bernegara, kegiatan dilaksanakan mulai hari ini 21 September 2019 sampai dengan 22 September 2019, semoga acara ini diberi kelancaran dan kemudahanan oleh Tuhan YME.”

Dalam acara Pelatihan berbangsa dan bernegara terdapat beberapa sesi mulai dari seminar nilai dasar berbangsa dan bernegara, sesi kedisiplinan, dan sesi untuk  kreativitas mahasiswa sesuai dengan programstudi. Pada sesi kreativitas mahasiswa perwakilan program studi  Teknik Elektro membawa sebuah alat ukur otomatis menggunakan arduino uno dan sensor ultrasonic untuk di presentasikan dan mendapatkan apresiasi lebih dari  bidang pengembangan GE.

Tentunya Pelatihan Berbangsa dan Bernegara sangat bagus, dalam acara ini kita dapat menumbuh kembangkan rasa Nasionalis dan mendapat wawasan tentang permasalahan di Indonesia dan cara penangggulangannya yang disampaikan oleh pemateri. Semoga Pelatihan ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya.

(Red.Rahman&Perdana)

  • Foto : Suasana Pelatihan