Pelatihan LKPS dan LED IAPS 4.0 Ban-PT

Sejak diberlakunya Instrument Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0) pada awal tahun 2019 oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), membut seluruh perguaruan tinggi di Indonesia harus menyesuaikan kinerjanya dengan instrument baru tersebut. Perguruan Tinggi harus membuat Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED). Instrumen baru ini berbeda dalam hal bobot penilaian. “Kerjasama bukan hanya Mou tapi ada kebijakannya, proses dan hasil.  Yang ada di  MOU harus di laksanakan” ujar Prof Sugiono dalam pemaparan materinya yaitu “Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0)”.

Selasa (30/07/2019) Universitas Pamulang mengadakan acara pelatihan pengisian LKPS dan LED Program Studi di ruang Auditorium kampus utama Unpam. Acara ini siselenggarakan karena Univesitas menganggap Program Studi Wajib mengetahui serta mempersiapkan pengisian LKPS dan LED untuk kepentingan akreditasi yang akan datang. Pelatihan ini diisi oleh dua penyaji yaitu Prof Sugiono dengan materi  “Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0)” dan Dr Eng. Agus Setiawan. M.Si dengan materi “ Akreditasi Perguruan Tinggi”

“Dalam akreditasi yang baru, ada 9 kriteria yang harus diperhatikan agar nilai nya menjadi bagus diantaranya yang pertama Visi Misi Tujuan dan Strategi, ke-dua Tata Pamong, Kelola dan Kerjasama, ke-tiga Mahasiswa, ke-empat Sumber Daya Manusia, ke-lima Keuangan Dan Sarpras, ke-enam Pendidikan, ke-tujuh Penelitian, ke-delapan Pengabdian, ke-sembilan Luaran Dan Capaian Tridharma Perguruan Tinggi” ujar Prof Sugiono selaku narasumber.

Sementara itu dalam paparannya Dr. Eng. Agus Setiawan, M.Si. mengatakan “Peringkat akreditasi yang baru memiliki empat peringkat akreditasi yaitu pertama Tidak Terakreditasi apabila skornya kurang dari 200, kedua Baik apa bila memiliki skor antara 201 sampai dengan 300 (tingkatan lokal), ketiga Baik Sekali apabila memiliki skor antara 301 sampai dengan 360 (tingkatan nasional) dan ke-empat Unggul apabila memiliki skor lebih dari 361(tingkata Internasional)” ujar Asesor & Fasilitator Sosialisasi IAPT3.0 & IAPS 4.0.

Berikut perbedaan instrument lama dengan instrument yang baru :

Acara pelatihan ini diikut oleh perwakilan dari Program Studi masing-masing fakultas. Untuk teknik elektro diwakili oleh Seflahir Dinata, S.T, M.Pd..T., Siti Rokhmanila, S.Pd, M.Si., Dwi Anie Gunastuti, S.T, M.I.C.T., Heri Kusnadi, S.T, M.T, dan Abdurahman, S.T, M.T. (Red.Rahman)