Pelatihan Soft Skills Untuk Mahasiswa Universitas Pamulang



Kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh hard skills saja yaitu kemampuan menyerap ilmu, dan keahlian melakukan jenis kegiatan tertentu, akan tetapi ada faktor lain yang ikut berperan yaitu soft skills.

Soft skills adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Soft skill menyangkut karakter pribadi seseorang yang dapat meningkatkan interaksi individu, kinerja pekerjaan dan prospek karir. Contoh nya yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain, kemampuan berorganisasi, kemampuan menyelesaikan masalah dan lain-lain.

Rabu, 26 Juni 2019 Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Universitas Pamulang bersana  tiga prodi lain yaitu Matematika dan D3 Sekretaris, mengadakan  acara Training Soft Skills dengan tema “Effective Communication and Presentation Skills”. Acara yang dihadiri oleh ketua Yayasan Sasmita Jaya Group dan rektor Unpam ini digelar di gedung Unpam Viktor lantai 8 dengan pembicara Mulyadi, S.E.,MPI yang merupakan Trainer and Bussines Consultant.

“Pada beberapa Universitas terkemuka seperti Universitas Indonesia, sudah menjadikan training soft skills ini sebagai suatu keharusan bagi setiap mahasiswanya.” Ujar ketua panitia sekaligus kaprodi teknik kimia yang biasa akrab dipanggil Ibu Wiwik. Jadi peserta acara ini merupakan mahasiswa dari prodi Teknik Kimia, Sekretaris dan Matematika.

Sementara itu dalam acara yang digelar dari pukul 09.00 sampai pukul 15.00 wib ini, ketua Yayasan Sasmita Jaya Group , Dr.(H.C.) H. Darsono, berpesan agar prodi-prodi kecil harus menampakan diri dengan sering-sering membuat acara seminar atau pelatihan sehingga dapat dikenal oleh masyarakat.

“Walaupun nilai akademik hebat tetapi soft skills-nya jelek maka tidak dapat sukses karena tidak dapat berkomunikasi dengan baik ,” ujar rektor Unpam, beliau melanjutkan ,“  Nilai akademis yang bagus tidak menjamin akan sukses. Oleh karena itu soft skill sangat dibutuhkan.”

“Jika anda diminta untuk menggantikan posisi bos anda dengan harus mempresentasikan didepan banyak orang, setelah keluar dari Unpam, maka mahasiswa Unpam harus siap menghadapi realita pekerjaan.” Ujar trainer dalam acara ini.

Dalam acara tersebut diundang juga Ketua Program Studi dari masing-masing fakultas, untuk teknik elektro diwakili oleh Oky Supriadi, S.T.,M.T (Red.Rahman)