PKM Di Masjid Baetul Mumin

Masjid Baetul Mumin merupakan masjid yang menjadi pusat ibadah dan juga sebagai pusat untuk melakukan kegiatan sosial bagi umat  muslim disekitar. Masjid ini terletak di Jl. Dandang Rt/Rw 03/05 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Masjid yang terletak di pemukiman yang dominan masyarakatnya adalah penggarap sawah ini masih kurang memadai dalam hal installasi air wudhu dan penyuluhan perawatan instalasi listrik.

Ahad, 10 November 2020 Dosen teknik elektro beserta mahasiswanya melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Mesjid Baetul Mukmin, Jl. Dandang Rt/Rw 03/05 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. PKM ini difokuskan kepada instalasi air wudhu agar dapat diakses dengan mudah oleh jamaah baik dewasa maupun anak-anak.

“Ini merupakan kegiatan yang positif dan baik,” ujar Jan Setiawan, beliau melanjutkan,”Selain instalasi air ini kami juga menambahkan Torn air beserta radarnya, agar dapat menghemat penggunaan listrik” Ujar ketua PKM yang telah menyelesaikan gelar doktornya di Universitas Indonesia ini.

Diketahui sebelumnya instalasi air untuk keperluan kegiatan ibadah ini terpasang hanya sekedarnya saja, ketika azan berkumandang jamah datang untuk melaksanakan solat. Tempat wudhu yang biasa lengan menjadi banyak orang, karena mengantri untuk wudhu sebelum shalat. Dengan adanya PKM dari Teknik Elekttro Unpam ini suasana berubah, tidak mengantri sampai panjang karena penambahan kran air dan adanya torn air. Penambahan titik keran air memberikan banyak kesempatan dan kenyamanan  kepada jamaah untuk melaksanakan ibadah, terlebih keluarnya air lebih stabil walau banyak jamaah yang berwudhu.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada bapak dosen dan mahasiswa Teknik Elektro Unpam, atas dilaksanakannya kegiatan PKM  di masjid kampung kami” ujar Jaja selaku ketua RT setempat. Selain iu menurut ketua DKM, Madsoni, mengatakan ”Semoga saja dengan adanya penambahan titik keran, torn dan instalasi air, jamaah menjadi lebih giat lagi dalam beribadah ”.

(Red. Rahman)

  • Suasana PKM