PKM di Sekolah SMK Khazanah Kebajikan Pondok Cabe, Tangerang Selatan

Perkembangan teknologi yang sudah merambah demikian pesatnya pada era digital ini,dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap siswa-siswa sekolah. Ditinjau dari sisi positifnya, jika sekolah-sekolah dasar dan menengah sudah dikenalkan dengan berbagai komponen elektronika dan dilatih untuk dapat merangkai komponen-komponen elektronika, kedalam sebuah bentuk alat, maka perkembangan teknologi akan mampu di ikuti oleh siswa-siswa sekolah untuk ikut menciptakan lahirnya inovasi-inovasi dan kreatifitas baru dalam teknologi. Inovasi tersebut nantinya dapat digunakan  untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Namun, jika perkembangan teknologi ini tidak di ikuti oleh siswa-siswa sekolah,  maka kemungkinan inovasi dan kreativitas tidak akan tercipta. Untuk itu perlu adanya sosialisasi, pendekatan atau pengenalan komponen-komponen elektronika secara dini.

Selain komponen elektronika, hal yang tidak kalah menarik dan pentingnya yaitu Bahasa pemrograman dan mikrokontroler. Oleh karena itu dalam PKM ini dosen dan mahasiswa teknik elektro Unpam mengangadakan pelatihan semacam kegiatan workshop mengenai komponen elektronik, mikrokontroler dan pemrograman. Salah satu yang diajarkan yaitu cara membuat Led berjalan menggunakan Arduino.

PKM ini digelar di Sekolah SMK Khazanah Kebajikan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, tanggal 27 Februari 2020. Sebagai peserta yaitu siswa kelas XI dan XII jurusan Teknik Audio Visual. “Pelatihan ini bagus sebagai pengetahuan para siswa dan siswi kedepannya” ujar Dwi Anie Gunastuti, S.T., M. ICT, beliau menambahkan “dan saya liat siswa siswinya sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini” ujar lulusan University of Wollongong tersebut sekaligus ketua PKM TE Unpam.

Sementara itu ketua jurusan Teknik Audio Visual, ibu  Rizky. mengatakan,”Kegiatan ini merupakan kegiatan positif, kami mengucapkan terima kasih kepada tim dari Teknik Elektro Unpam”, beliau melanjutkan,”Mudah-mudahan pelatihan ini akan berkelanjutan”.

(Red.Abdurahman)

  • Suasana pelaatihan