PkM Mahasiswa TE, Terapkan Inkubator Telur Otomatis

Seperti kita ketahui, PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) merupakan kegiatan yang wajib bagi mahasiswa Teknik Elektro Unpam biasanya berisi suatu kegiatan seperti pelatihan, penyuluhan, kerja social dan lain lain.

Begitu juga PKM yang dilakukan oleh mahasiswa Semester 5 dari Universitas Pamulang prodi Teknik Elektro. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Januari 2022, bertepatan setelah satu minggu dilaksanakan UAS Semester ganjil 2021/2022.

Para mahasiswa yang beranggotakan 14 orang ini, melakukan PKM di Bogor, tepatnya di Kampung Jawa RT 02 RW 03. Desa Situ Ilir. Kecamatan Cibungbulang. Bogor. Dengan mengusung tema “Penyuluhan dan pembuatan inkubator telur”.

Kegiatan PKM ini mengikutsertakan elemen masyarakat setempat, terutama kelompok UMKM Kampung Jawa.

Dalam penjelasannya, incubator telur otomatis ini dapat menampung 30 sampai 40 telur ayam maupun telur bebek.

Incubator telur ini dilengkapi dengan motor penggerak yang berfungsi untuk menggerakan telur setiap jam sekali, atau tergantung pengaturan waktu yang di buat.

Incubator yang dilengkapi lampu 5 watt ini juga dilengkapi sensor suhu, yang berguna untuk membaca suhu ruang incubator tersebut, sehingga ketika suhunya di bawah suhu ruang maka akan menyalakan 3 lampu secara otomatis. Begitu juga sebaliknya, ketika suhunya diatas suhu ruang maka akan mematikan 3 lampu secara otomatis dan 2 lampu menyala untuk menghemat energi.

Tidak lupa juga incubator ini dilengkapi dengan fan (kipas) yang berfungsi untuk melakukan sirkulasi udara ruangan inkubator, sehingga udara di ruangan tersebut selalu segar.

Setelah penjelasan panjang lebarnya selesai, kemudian mahasiswa bersama anggota UMKM melakukan sesi foto foto sebagai bukti bahwa tugas PKM sudah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar.

Untuk informasi, kegiatan PKM dari Universitas Pamulang ini di ketuai oleh Fahmi Cahyadi. Dan dari UMKM di ketuai oleh Ibu Nurlaela.

(Red. Abdr)

  • Kegiatan PKM di Kp. Jawa. Rt02.Rw 03. Desa Situ Ilir. Kec. Cibungbulang. Bogor (Sabtu, 29/01/2022)