PROPESA UNIVERSITAS PAMULANG 2019

Momen pengenalan civitas akademika di suatu perguruan merupakan suatu hal yang sangat dinantikan oleh seluruh calon mahasiswa yang baru memasuki jenjang pendidikan di level perguruan tinggi. Karena kegiatan ini merupakan hal terpenting bagi calon mahasiswa yang nantinya akan berkuliah dan yang terpenting untuk mengetahui sistem akademik yang di terapkan dari berbagai perguruan tinggi serta pengenalan lingkungan kampus, dari mulai fasilitas, ruang kelas, laboratorium, perpustakaan dan juga organisasi mahasiswa yang ada pada setiap perguruan tinggi.

Berbagai macam cara yang dilakukan oleh setiap perguruan tinggi dalam mengenalkan sistem civitas akademik, salah satu nya di Universitas Pamulang yang di kenal dengan nama PROPESA yang merupakan kepanjangan dari Program Pengenalan Studi dan Almamater. Seperti yang kita ketahui Unpam merupakan perguruan tinggi swasta yang mempunyai mahasiswa terbanyak, dibandinkan beberapa perguruan tinggi swasta yang ada di Tangerang, karena biaya kuliah yang sangat terjangkau. Dengan ini Unpam terus meningkatkan eksistensi nya dengan jumlah mahasiswa 20.324 orang di tahun 2019, tentunya jumlah ini meningkat setiap tahun nya.

Program Studi Teknik Elektro di tahun 2019 ini memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 400 orang yang terbagi pada Reguler A sebanyak 76 orang, Reguler B sebanyak 70 orang dan Reguler C sebanyak 256 orang.

Propesa yang di selenggarakan selama 3 (tiga) hari berturut-turut, mulai dari tanggal 28 – 30 Agustus 2019, yang bertempat di Auditorium Universitas Pamulang Viktor. Propesa itu sendiri diadakan 3 tahap sesuai daya tampung Aula, untuk pelaksanaan nya mahasiswa baru tersebut dipisahkan menjadi 3 gelombang.Dalam penyelengaraannya, Propesa ini dikelola sendiri oleh senat universitas dengan bantuan dosen dari bidang kemahasiswaan. Propesa ini pun tanpa melibatkaan organisasi kemahasiswaan, terhitung sejak 6 tahun terakhir.

Kegiatan ini di mulai pada pukul 08.00, peserta berkumpul di aula berdasarkan program studi nya masing-masing, sebelum memasuki beberapa  agenda penting dalam propesa, Rektor Universitas Pamulang, Dr H. Dayat Hidayat MM memberikan motivasi agar setiap mahasiswa berperan aktif dalam menjaga kualitas perguruan tinggi. Salah satunya dengan aktif melakukan Tri Dharma Perguruan tinggi. Selain itu, beliau juga mengingatkan agar serius belajar di Unpam karena Unpam menggunakan sistem dropout otomatis.

“Kita meskipun (SPP-nya) murah, tapi berkualitas. Anda kuliah tapi di akhir semester (IPK) tidak mencapai 2,0 maka akan di drop out “tegasnya.

Rektor meminta agar saat kuliah nanti tidak seperti wayang yang hanya datang dan duduk tanpa aktif melakukan Tri Dharma.

Dalam kegiatan propesa juga di selenggarakan pameran/bazzar dari seluruh organisasi (HMJ) dan unit kegiatan mahasiswa (UKM). Para ormawa dan UKM membuka stand menampilkan hasil karya atau kegiatan-kegiatan yang di lakukan nya. Tentunya hal ini sangat bagus diperlihatkan untuk menarik minat mahasiswa baru agar aktif mengikuti kegiatan. Selain membuka stand para perwakilan dari HIMA/UKM juga di kenalkan kepada mahasiswa baru di dalam Auditorium.

Setelah mengikuti proses pengenalan sistem akademik universitas oleh jajaran kampus, selanjutnya para mahasiswa baru di arahkan oleh HIMA dan dosen bidang kemahasiswaan dari masing – masing program studinya untuk di kenalkan dengan sistem akademik pada program studi, seperti program studi teknik elektro yang di arahkan oleh Sekretaris prodi Bapak Seflahir Dinata, S.T., M.pd.T. beliau memberikan pengenalan dan pengarahan terkait prodi teknik elektro.

Setelah itu  rangkaian acara propesa ditutup dengan agenda Tour Kampus, yang diarahkan oleh HIMA dengan mengunjungi ruang-ruang kelas, laboratorium dan fasilitas lainnya.

(Red.A.Perdana)