REKTOR : ADA LSP BER-LISENSI BNSP DI UNPAM



Sabtu, 25 May 2019, Disela-sela pembukaan Seminar Nasional Teknik Elektro 2019 (SNTE 2019), Rektor Universitas Pamulang Dr. H,Dayat Hidayat, M.M. mengungkapkan bahwa Unpam telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) berlisesnsi BNSP.

BNSP merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Pembentukan BNSP merupakan bagian integral dari pengembangan paradigma baru dalam sistem penyiapan tenaga kerja yang berkualitas.

Berbeda dengan paradigma lama yang berjalan selama ini, sistem penyiapan tenaga kerja dalam format paradigma baru terdapat dua prinsip yang menjadi dasarnya, yaitu : pertama, penyiapan tenaga kerja didasarkan atas kebutuhan pengguna (demand driven); dan kedua, proses diklat sebagai wahana penyiapan tenaga kerja dilakukan dengan menggunakan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi (Competency Based Training / CBT). Pengembangan sistem penyiapan tenaga kerja dengan paradigma baru ini dimulai pada awal tahun 2000 yang ditandai dengan ditandatanganinya Surat Kesepakatan Bersama (SKB) antara Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendidikan Nasional, Ketua Umum Kadin Indonesia.



Pembentukan LSP Unpam tersebut didasari atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 Tahun 2014 tentang ljazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi. Dalam Pasal 5 disebutkan bahwa ijazah diberikan kepada lulusan perguruan tinggi disertai paling sedikit dengan Transkrip Akademik dan Surat Keterangan Pendamping ljazah(SKPI).

Selain itu mahalnya biaya untuk mengikuti ujian kompetensi diluar menjadi pertimbangan tersendiri bagi Ketua Yayasan Sasmita Jaya Group, Dr.(H.C.) H. Darsono. Karena hal-hal itulah kemudian Unpam memfasilitasinya, tentu saja dengan harga yang amat terjangkau hanya Rp 300.000. “Ada 18 kompetensi yang disediakan oleh Unpam, Teknik elektro mepunyai satu Tempat Uji Kompetensi (TUK). Oleh karena itu bagi mahasiswa yang telah menempuh semester 6 ke semester 7, segera komunikasi ke lembaga sertifikasi dilantai 6 “ Ujar Rektor Unpam tersebut. (Red.Rahman)