TE Unpam, siapkan pembangunan PLTS 100KWp senilai 2,3 M

Senin, 6 November 2021 Kaprodi Teknik Elektro Unpam, Ariyawan Sunardi,M.T. memaparkan rencana projek PLTS di depan ketua Yayasan Sasmita Jaya Group, Dr.(HC) H.Darsono, yang dihadiri juga oleh perangkat universitas lainnya seperti Rektor, Warek, Dekan Fakultas Teknik dan beberapa dosen Teknik Elektro Unpam.

Nantinya proyek tersebut akan menyuplai kebutuhan listrik untuk 63 kantin dan berapa kebutuhan listrik di Unpam.

Proyek yg menelan dana 2,3 miliyar ini akan dipasang secara On Grid artinya inline dengan jaringan PLN.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan apabila ada perubahan akan menggunakan baterai, sebagai penyimpan energi listrik sementara.

Selain dari sisi ekonomi, proyek dengan kapasitas 100KWp ini akan menghasilkan sekitar 52 judul penelitian, dan akan mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi serta program MBKM terkait Mahasiswa, Mata kuliah dan kurikulum.

Diketahui  sebelumnya, tim PLTS Teknik Elektro Unpam , telah berhasil membangun PLTS dengan kapasitas 2.6KWp untuk menyuplai ruang server di Kampus Unpam Viktor dan lengkap dengan system monitoringnya.

Dengan dibangunnya PLTS yang menelan biaya 2,3M ini, diharapkan akan menjadikan Unpam dengan brand baru, yaitu kampus Energi Hijau dimana setiap keperluan energi listrik diambil dari PLTS.

Dasar hukum dari projek ini adalah PP 79/2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Perpres 22/2017 Tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Pemerintah menargetkan Bauran Energi Primer pada tahun 2025 berasal dari Energi baru terbarukan yaitu sebesar 23%.

“Alhamdulillah, Unpam ikut andil dalam rencana pemerintah terkait kebutuhan energi nasional, melalui PLTS ini”, ujar Rektor Unpam Dr. E Nurzaman, dalam rapat setelah ketua Yayasan Samita Jaya menyatakan mendukung rencana pembangunan PLTS tersebut.

Ketua Yayasan Sasmita Jaya Group, Dr.(HC) H.Darsono menyambut baik atas paparan yang diberikan oleh kaprodi Teknik Elektro, Ariyawan Sunardi.

Bahkan ketua yayasan memberikan challenge untuk membangun PLTS kapasitas 1MWp di Unpam Serang.

“Teruslah berkarya “, pesan Pak Dar, nama sapaan akrab di Unpam, beliau melanjutkan.

“Semoga apa yang kita usahakan ini menjadi berkah untuk semuanya, bangunlah Unpam.”

“ Karena tidak mudah juga mendapatkan dana penelitian dari luar kampus terutama dana penelitian dari pemerintah.”

“Disini kita membiayai sendiri penelitian kita, insyaAllah yayasan akan mendukung”

(Red: Abdurahman)

  • Suasana Rapat PLTS