Teknik Elektro Unpam, Juara 1 Lomba TTG IX

Dalam rangka memajukan taraf hidup masyarakat di kota Tangerang Selatan, Pemerintah daerah selalu memberikan solusi dan penanganan yang maksimal. Salah satunya adalah Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui DPMP3AKB Kota Tangerang Selatan dan merupakan langkah nyata untuk mendukung penciptaan, pengembangan dan pendayagunaan potensi masyarakat di bidang teknologi maupun ekonomi berbasis pemberdayaan masyarakat. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memacu dan mendorong para inventor dan inovator baik dari kalangan Perguruan Tinggi, Sekolah, Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna, maupun masyarakat untuk menumbuhkembangkan ide-ide kreatif dan inovatif agar menciptakan/menghasilkan produk Teknologi Tepat Guna (TTG) dan memberikan kontribusi kepada masyarakat atas temuan mereka untuk digunakan masyarakat umum.

 

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie membuka kegiatan lomba Teknologi Tepat Guna ke IX tingkat Tangsel, yang dilaksanakan di Plaza Rakyat Puspemkot Tangsel, Ciputat, Tangsel, Kamis (10/6).

Kegiatan lomba tersebut diikuti sebanyak 25 peserta yang menampilkan 25 inovasi yang terdiri dari Universitas Pamulang, Institut Teknologi Indonesia (ITI Serpong), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Pusyantek, koperasi, UMKM dan lainnya.

 

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan, pemerintah kota Tangerang Selatan akan terus berupaya mendorong pemanfaatan teknologi dalam rangka mengatasi masalah dan mengembangkan potensi wilayah. Oleh karena itu, inovasi teknologi yang berkembang melalui anak bangsa khususnya di kota Tangerang Selatan dan umumnya di provinsi Banten harus terus dipacu dan dikembangkan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya mengoptimalkan berbagai potensi yang ada.

 

“Pengembangan teknologi tepat guna ini sangat berguna bagi masyarakat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan serta pemanfaatan potensi sumber daya manusia (SDM). Apalagi dalam menghadapi era globalisasi,” ungkapnya.

 

Melalui kegiatan Teknologi Tepat Guna ini diharapkan akan mampu menjadi sebuah ajang dalam upaya mempromosikan hasil inovasi dari masyarakat yang memang digunakan untuk kepentingan masyarakat khususnya kota Tangerang Selatan.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Khairati menjelaskan, lomba ini sebagai bentuk upaya yang strategis dalam menyebarluaskan informasi berbagai teknologi yang dapat memberi nilai tambah kepada masyarakat. Dengan menampilkan berbagai jenis teknologi tepat guna dan produksinya secara visual, sehingga masyarakat memperoleh informasi yang cukup untuk menerapkannya. Kegiatan ini pun untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan dan kemajuan teknologi serta manfaatnya dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas produksi diberbagai sektor.

 

“Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna tingkat Tangsel ini salah satu peluang untuk mengembangkan potensi diri, membentuk pemahaman kepada para inovator terkait pemanfaatan dan pengembangan teknologi tepat guna yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, biaya murah, mudah dibuat dan dirawat, berdaya guna/berhasil guna, aman digunakan siapapun dan ramah lingkungan,” ungkapnya.

 

Teknologi yang dilombakan diantaranya, sistem monitoring detak jantung dan suhu tubuh berbasis internet of things sebagai asisten dokter untuk pasien jarak jauh (UIN Syarif Hidayatullah), mesin multifungsi untuk produksi olahan makanan (Posyantek Setu), Pembangkit Listrik Mikrohidro, Mobil Listrik (Unpam) dan lainnya.

Setelah melalui serangkaian penilaian dan diskusi yang alot akhirnya para juri menentukan pemenang lomba sebagai berikut :

Juara 1 : Pembangkit Listrik Mikrohidro, Universitas Pamulang ( Tarjana, Afiandy Adji, M. Riva)

Juara 2 : Produk Olahan Kolagen dari Sisik Ikan, Institut Teknologi Indonesia (Wulandari, dkk)

Juara 3 : Mesin Pemotong Serbaguna, Pusyantek Setu ( Syaiful Arief)

 

Pelaksanaan lomba meskipun dalam masa pandemi Covid-19 boleh dikatakan sukses , tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Menurut kaprodi Teknik Elektro, Ariyawan, “Prestasi yang membanggakan ini, merupakan suatu hal yang baik untuk kemajuan bersama Teknik Elektro Unpam”.

 

Sementara itu, Kiswanta mengatakan,“Mahasiswa Teknik Elektro harus selalu berinovasi dan menciptakan produk-produk teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat luas sehingga mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmunya dan meningkatkan skill dan attitude nya sebagai generasi yang cerdas dan kreatif”. Ujar Pembimbing TTG Teknik Elektro Unpam. (Red. Arm/Ary)

  • Unpam Juara 1 Lomba TTG IX