Workshop NI-MyDAQ dan NI-MyRIO

Teknik Elektro Unpam kini membuat suatu unit kegiatan mahasiswa dalam bidang teknik yaitu bernama Unpam LabVIEW Club atau bisa disingkat ULC. ULC dikabarkan telah melaksanakan kegiatan pelatihan bagi mahasiswa-mahasiswa yang ingin bergabung dengan tema Workshop Pengantar LabVIEW dan Instrumentasi Berbasis Komputer dengan NI-MyDAQ dan NI-MyRIO.

NI-MyDAQ dan NI-MyRIO merupakan produk dari National Instrument yang pengoprasiannya menggunakan software LabVIEW. Sedangkan Bahasa pemrograman yang digunakan dalam LabVIEW merupakan bahasa pemrograman visual dan lebih dikenal dengan istilah bahasa G yaitu grafis.

Disini mahasiswa melakukan 70% praktek dan 30% teori. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebanyak 7 (tujuh) kali pertemuan, yaitu dari tanggal 04 sampai dengan 10 Oktober 2020, kegiatan tersebut  berlangsung di Laboratorium Elektronika, Kampus Viktor, Universitas Pamulang. Pelatihan ini dibimbing langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Pamulang yaitu Syaiful Bakhri, Ph.D.

Ada sebanyak 10 (sepuluh) orang peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, diantaranya 8 (delapan) orang mahasiswa dan 2 (dua) orang alumni. Para peserta begitu antusian mengikuti kegiatan ini, mereka mengaku ini merupakan suatu kegiatan yang positif, karena dimasa perkuliahan dalam materi ini meraka merasa kurang mendalaminya dan disini para mahasiswa bisa mendalami dan melakukan praktek lebih banyak.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan skill mahasiswa dalam Virtual Instrument menggunakan perangkat lunak LabVIEW, perangkat keras NI-MYDAQ dan NI-MYRIO sehingga  mahasiswa sudah dibekali kemampuan yang baik dalam bidang Instrumentasi ketika lulus perkuliahan. Dan juga sebagai sarana untuk  mengekspresikan hobby bagi mahasiswa-mahasiswa yang memiliki passion di bidang Virtual Instrument,” ungkap Dekan Fakultas Teknik Universitas Pamulang seusai melakukan bimbingan kepada para peserta. (Red. AR)

  • Workshop NI-MyDAQ dan NI-MyRIO